Senin, 16 Desember 2013

HMI FISIP UR Taja Latihan Kader 1 di Pasir Pangarayan



HMI FISIP UR Taja Latihan Kader 1 di Pasir Pangarayan

Pasir Pangarayan Rabu (11/12/13) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, tiba di Pasir Pengaraian Rabu (11/12). Kedatangan mereka untuk laksanakan Latihan Kader 1. Ini kedua kalinya HMI FISIP buat latihan kader 1 di ibu kota Kabupaten Rokan Hulu, di bawah Ketua Umum Komisariat Wirianto Aswir. Sebelumnya ide untuk membuat latihan kader pertama kali di bawah kepemimpinan Supriadi, Ketua Umum HMI Komisariat FISIP UR periode 2011/2012.
Latihan Kader satu ini dilaksanakan di Kantor Departemen Agama Kabupaten Rokan Hulu. Ahmad Supardi, selaku Kepala Departemen Agama buka latihan. Ahmad Supardi juga sebagai Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, Rokan Hulu. Ahmad Supardi merupakan kader HMI yang mengikuti pengkaderan di Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Memulai aktif di HMI pada 1987.
“Saya merasa kembali pada masa-masa saya ketika mengikuti latihan ini,” kenang Ahmad Supardi sebelum membuka latihan. Kata Ahmad, untuk menjadi anggota dalam himpunan ini harus pernah mengikuti pelatihan HMI itu sendiri.
Ahmad Supardi banyak bercerita mengenai HMI pada masa ia aktif dalam himpunan ini. banyak motifasi dan dorongan untuk berorganisasi yang ia sampaikan pada peserta latihan kader 1. Peserta dimintanya untuk melakukan kegiatan positif, kegiatan berdiskusi dan membaca dan kegiatan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
Selain dihadiri Ahmad Supardi, latihan kader 1 juga dihadiri Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru, Ari Nugraha. Pada kesempatan ini Ari beri kata sambutan. “Kawan-kawan di Pasir Pengaraian harus bisa menghijau hitamkan daerah ini,” seru Ari diawal kata sambutannya. Maksud dari menghijau hitamkan ini, berharap mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian banyak yang mengikuti LK I sehingga semakin banyak anggota HMI dipasir pangarayan, agar memudahkan terbentuknya HMI Komisariat, tidak menutup kemungkinan berdirinya HMI Cabang Pasir Penagaraian.
Ari Nugraha juga berharap pada peserta latihan kader agar menjadi peserta yang progresif dan militan. Sesuai dengan tema, Mewujudkan Kader Progresif Berkualitas Insan Cita dan Berkarakter Militan.
Wirianto Aswir juga beri sambutan sebelum Ari Nugraha menyampaikan sambutannya. Rian, panggilan Wirianto Aswir sangta berharap agar setelah latihan ini selesai, HMI di Universitas Pasir Pengaraian bisa menjadi Komisariat, karena jumlah kader bertambah setelah adanya pelatihan ini. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumalah 12 orang, 10 dari UPP dua orang lagi peserta dari FISIP UR.
“Kita sangat berharap tujuan ini tercapai, karena pada saat melaksanakan Rapat Anggota Komisariat lalu, melaksanakan latihan kader di UPP masuk dalam butir-butir rekomendasi,” jelas Rian.
Kepanitiaan dalam latihan ini dihandle langsung oleh kader-kader HMI UPP yang telah lebih dahulu mengikuti latihan kader sebelumnya. HMI Komisariat FISIP UR ikut membantu dalam pelaksanaan teknis persiapan dan selama proses latihan berlangsung. (sur)