Sabtu, 28 Desember 2013

Capres muda harus diberi ruang bertarung di 2014

Ocehan Bang Ary - Pengamat politik Heri Budianto menilai peluang capres-capres muda di pilpres 2014 mendatang sangat besar. Oleh karena itu diperlukan ruang untuk bersaing dengan nama-nama yang selama ini lebih dulu muncul.

"Sudah saatnya memberikan ruang kepada anak bangsa, bagi yang masih muda. Peluang capres muda amat besar pada 2014," ujar Heri di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Jumat (27/12).

Lebih lanjut, Direktur Political Comunication Institute itu menegaskan, jika bangsa ini pernah dipimpin oleh presiden yang masih muda. Seperti Presiden Soekarno dan Soeharto yang dulunya menjabat masih tergolong muda berumur 40-an.

"Kita lihat Bung Karno menjabat presiden sekitar umur 43 tahunan, Pak Harto 40 tahunan. Bangsa ini pernah dipimpin oleh kalangan muda, kita perlu membuka ruang capres dari golongan muda," jelas Heri.

Sedangkan batasan umur capres yang tergolong muda, menurut Heri adalah di bawah 60 tahun. Capres-capres muda yang potensial untuk maju pada 2014, lanjut Heri seperti Joko Widodo (Jokowi), Priyo Budi Santoso, Anis Matta dan lain sebagainya.

"Persoalan kematangan politik itu bisa berproses. Misalnya Jokowi kan sudah teruji di pemerintahan, kemudian tokoh muda lainnya track record aktif di kementerian, lembaga, itu penting," terang Heri.

"Kita tahu SBY dulu juga jadi menteri. Yang paling penting adalah mereka capres muda mempunyai integritas dan kapabilitas," tutupnya. (sumber: merdeka.com)